WHAT'S NEW?
Loading...

Tutup Pabrik, Panasonic dan Toshiba PHK 2500 Buruh

2 perusahaan elektronik ternama asal jepang Toshiba dan Panasonic telah menghentikan semua kegiatan operasional pabrik mereka di Indonesia. Pabrik televisi Toshiba di Cikarang (Jawa Barat) yang merupakan Pabrik televisi terbesar milik Toshiba yang berada di luar Japang telah dijual kepada perusahaan skyworth yang berbasis di China akhir tahun lalu. Sementara itu, Panasonic juga telah menutup pabrik lampu mereka di Pasuruan (Jawa Timur) dan Bekasi (Jawa Barat).

Tutup Pabrik, Panasonic dan Toshiba PHK 2500 Buruh

Seperti diketahui bahwa, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio 'tjawang' oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Panasonic di Indonesia merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, produk kecantikan dan lainnya.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Iqbal mengatakan kedua perusahaan Jepang telah menghentikan semua kegiatan operasional pabrik mereka di indonesia. Saat ini, Toshiba dan Panasonic sedang bernegosiasi dengan pekerja mereka tentang pembayaran pesangon. Dengan adanya Keputusan penutupan pabrik Panasonic tersebut diperkirakan terjadi Pemutusan Hubungan Kerja sebanyak 2.500 buruh

Tingkat pengangguran di Indonesia meningkat di tengah perlambatan ekonomi. Berdasarkan data terbaru dari biro statistik nasional, pengangguran di Indonesia naik menjadi 6,18 persen dari angkatan kerja pada bulan Agustus 2015 (atau 7.560.000 orang secara absolut), dari 5,81 persen (atau 7.450.000 orang) pada bulan Februari. Sementara itu, aktivitas manufaktur Indonesia ikut menurun selama 16 bulan terakhir seperti pertumbuhan ekonomi domestik dan global yang melambat, sementara kurs rupiah lemah membuat impor bahan baku lebih mahal.

Pada bulan lalu diumumkan bahwa Toshiba juga telah menjual semua pabrik yang ada di Indonesia (yang memproduksi TV dan twin-tub mesin cuci) untuk Skyworth berbasis di China. Perjanjian ini juga memberikan Skyworth lisensi untuk menggunakan nama merek Toshiba di seluruh Asia (tetapi tidak termasuk Cina). Pembelian ini akan selesai Maret 2016.

Sementara itu, Panasonic akan menutup dua pabrik Lampu di Indonesia. Unit Pabrik Lampu milik Panasonic telah berada di Indonesia sejak tahun 1990-an, pada awalnya didirikan untuk memproduksi lampu untuk pasar Jepang. Ali Soebroto Oentaryo, Ketua Asosiasi Electronics Indonesia (Gabel), mengatakan keunggulan kompetitif perusahaan menurun karena gagal untuk terlibat dalam inovasi. Dia mengharapkan bahwa pabrik tersebut akan dijual kepada investor Cina sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia saat ini merupakan produsen lampu terkemuka. Langkah ini hanya akan memerlukan beberapa re-branding.

Sumber : indonesia-investments.com

0 komentar:

Posting Komentar